Tips Memberikan Bantuan Makanan Saat Bencana Alam

Tips Memberikan Bantuan Makanan saat Bencana Alam (realitarakyat.com)

Njajan.com - Setelah bencana alam, pemenuhan kebutuhan dasar seperti tempat tinggal, air bersih, pakaian, makanan dan akses layanan kesehatan untuk korban selamat adalah prioritas utama. Makanan merupakan salah satu hal yang dapat disalurkan untuk membantu korban bencana alam. 

Namun, makanan untuk korban bencana kadang tidak terlalu diperhatikan jenisnya. Tak hanya mi instant, masih ada berbagai jenis makanan lain yang dapat Anda berikan untuk mereka.

Dikutip dari Dokter Sehat, makanan saat bencana yang penting adalah makanan pokok, lauk pauk, dan camilan dengan kualitas dan gizi yang terjaga. 

Makanan yang diberikan juga harus dibedakan menjadi dua yaitu kelompok umum meliputi dewasa dan remaja akhir serta kelompok khusus yaitu bayi, balita, anak-anak, wanita hamil dan menyusui, serta lansia. Tujuan penggolongan yaitu untuk memenuhi kebutuhan gizi yang berbeda.

Untuk memberikan bantuan berupa makanan, Anda dapat mengikuti tips berikut ini.

Pilih Bahan Makanan atau Makanan Siap Santap yang Awet


Makanan siap makan dalam kemasan dapat dipilih untuk kelompok umum, seperti roti kering, biskuit, dan daging dalam kaleng. 

Boleh juga bantuan berupa sembako seperti beras, tepung, minyak, garam, dan mi. Sementara untuk kelompok khusus, berikan biskuit dengan tambahan vitamin dan mineral.

Pastikan Produk Makanan Berkualitas


Untuk makanan dalam kemasan, pastikan kemasannya tidak koyak, penyok, terbuka, atau menggembung. Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa produk sebelum memberikannya sebagai bantuan korban bencana. 

Bagi kelompok khusus, berikan bahan yang berfortifikasi untuk memenuhi kebutuhan gizi dasar. Contohnya garam beryodium, mi dan tepung dengan tambahan vitamin A dan B kompleks.

Baca juga: Cuaca Tak Menentu, Cegah Influenza, Demam, dan Pilek dengan 12 Makanan Sehat di Musim Pancaroba

Cocokkan Bahan Makanan yang Perlu Diolah Sesuai dengan Kebiasaan Makan Setempat


Jika memilih bahan makanan yang perlu diolah seperti sembako dasar dan lauk pauk, usahakan yang biasa dikonsumsi masyarakat setempat. Hal ini penting supaya bantuan makanan dapat diterima semua kelompok masyarakat.

Makanan yang dapat Diberikan untuk Bantuan Bencana Alam


Memberikan bantuan kepada korban bencana alam tidak harus berupa uang dan pakaian pantas pakai, Anda pun dapat menyalurkan bantuan berupa makanan seperti di bawah ini.

Air Mineral Kemasan


Setelah bencana alam, air minum merupakan kebutuhan paling penting. Supaya tidak mengalami dehidrasi, korban harus mendapat pasokan air minum yang cukup. Dengan mengonsumsi air minum, tubuh dapat bertahan lebih lama meski belum menerima asupan makanan.

Makanan Instant


Dalam kondisi darurat, makanan yang dibutuhkan adalah makanan yang tahan lama dan dapat disajikan dengan cepat. Mi instan, bubur instan, dan sereal adalah makanan cepat saji yang dapat disimpan dalam waktu lama dan mudah diolah.

Susu Kotak


Setelah terjadi bencana, asupan makanan menjadi tidak menentu sehingga tubuh rentan terhadap serangan penyakit. Susu sangat diperlukan untuk memberikan gizi tambahan dan mencegah penyakit. 

Akan tetapi, hindari memberikan susu formula terutama di 5 hari awal setelah bencana. Pasalnya sufor untuk bayi dan anak adalah bahan makanan yang higienitasnya harus dijaga. Kurangnya akses air bersih panas akan membuat yang meminumnya justru rentan terkena diare.

Makanan Kaleng


Produk kalengan seperti tuna, salmon, daging, buah-buahan, dan sayuran kaleng tepat diberikan sebagai makanan saat bencana. Bahan ini dapat bertahan hingga satu tahun di penyimpanan pada kondisi normal, juga bisa dikonsumsi tanpa dimasak.

Biskuit


Biskuit adalah makanan pengganjal perut yang cukup tahan lama. Makanan ini mengandung karbohidrat tinggi sehingga dapat mengalas perut untuk sementara. 

Selain biskuit, Anda dapat memberikan roti kering. Biskuit khusus untuk bayi juga penting untuk diberikan kepada pengungsi yang memiliki anak kecil.

Itulah panduan singkat dan contoh makanan saat bencana yang dapat Anda salurkan ke posko bencana alam atau pengungsian. Dengan harapan, sedikit bantuan tersebut bisa mengurangi beban mereka. Jika artikel Njajan.com bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Tips Memberikan Bantuan Makanan Saat Bencana Alam Tips Memberikan Bantuan Makanan Saat Bencana Alam Reviewed by Njajan on October 16, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.