Ingin Uang Jajan Tambahan, Anak Ini Buka Jasa Titip Beli Camilan

Anak-anak SD Usaha Jasa Titip Beli Camilan (detik.com)

Njajan.com - Anak-anak paling suka membeli jajan. Namun, terkadang orangtua melarang anaknya jajan sembarangan. Dari sini anak-anak di China mencari peluang usaha dengan buka jasa titip beli camilan di sekolah.

Ya, usaha jasa titip atau jastip tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, tapi anak-anak di China juga sudah usaha jastip di bangku sekolah. Bedanya, mereka melakukan jasa titip beli camilan untuk mendapatkan uang jajan tambahan.

Baca juga: 21 Usaha Bisnis Kuliner Mahasiswa yang Selalu Laris Manis

Alasan Munculnya Usaha Jasa Titip Beli Camilan


Beberapa siswa di kawasan Dalian, Provinsi Liaoning, China memiliki usaha sampingan yang unik. Mereka membuka jastip camilan kepada teman-temannya sendiri. Hal ini karena banyak teman-temannya yang tidak boleh jajan oleh orangtuanya.

Usaha jastip anak-anak ini ketahuan setelah salah satu orangtua menemukan beberapa bungkus camilan di tas sekolah anaknya. Setelah ditanya, ternyata jajan tersebut didapat dari temannya sendiri di bangku sekolah dasar yang membelikan jajan untuknya.

Salah seorang siswa bernama Xiaogang menjelaskan bahwa setiap teman yang membuka jastip camilan ini mempunyai sistem keanggotaan. Maksudnya, anggota ini adalah teman-temannya yang menjadi pelanggan setia dan diberi harga khusus.

Sampai dibuat anggota karena banyak sekali orangtua yang melarang anaknya membeli camilan di toko atau warung. Meski begitu, keuntungan yang didapat tidak terlalu besar mengingat pembelinya masih anak-anak dan barang yang dijual berupa camilan atau jajan.

Cara Pemesanan Camilan


Sebelum menerima camilan, para agen atau teman-temannya akan memberikan uang untuk titip beli camilan. Setelah itu, anak-anak ini akan membeli camilan di toko terdekat dan membawanya ke sekolah esok hari.
Jasa Titip Beli Jajan yang Dilakukan Anak-anak (twitter.com)
Jasa Titip Beli Jajan yang Dilakukan Anak-anak (twitter.com)


Camilan yang dibeli cukup terbatas. Biasanya anak ini cuma memberi 20 jenis camilan saja. Kemudian, teman-temannya diminta memilih jenis jajan yang akan dibeli, seperti yang dilaporkan oleh Global Times (28/4/2019).

Respon Orangtua dan Guru


Orangtua yang mengetahui usaha jastip ini sebagian merasa bangga, tapi ada juga yang khawatir. Pasalnya, anak-anak masih terlalu muda untuk memasuki dunia perdagangan. Kendati demikian, Liu Jing selaku guru sekolah dasar di China mengaku bahwa jasa titip beli makanan ini bagus.

Dikatakan bagus karena siswa dapat belajar usaha dari orang dewasa dan menggunakan peraturan dagang para orang dewasa yang kemudian diterapkan pada sistem jual beli antar teman-temannya.

Menurutnya hal tersebut tidak salah, tapi perlu dipikirkan usaha seperti ini akan berdampak pada nilai siswa atau tidak. Takutnya siswa jadi sulit belajar dan sulit berhubungan dengan teman-teman sekelas.

Baca juga: 7 Bisnis Kuliner untuk Mahasiswa Agar Cepat Sukses di Masa Kini

Apabila anak Anda ada yang menjalankan bisnis jasa titip makanan, apakah Anda akan mengizinkannya? Sebagian orangtua mungkin akan melarangnya, tapi pasti ada orangtua yang mendukung anaknya berwirausaha mulai sejak dini.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


Ingin Uang Jajan Tambahan, Anak Ini Buka Jasa Titip Beli Camilan Ingin Uang Jajan Tambahan, Anak Ini Buka Jasa Titip Beli Camilan Reviewed by Njajan on April 29, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.