Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus yang Mekar Mengembang

Resep Kue Bolu Kukus yang Mekar dan Mengembang (kutratkotretraos.wordpress.com)

Njajan.com - Kue bolu kukus pasti sudah sangat familier bagi Anda. Kue ini adalah salah satu kue tradisional yang masih dapat dijumpai dengan mudah di pasar dan toko kue. Tak jarang Anda juga menemukannya di acara arisan, pengajian, atau kumpul-kumpul di rumah teman.

Ternyata cara membuat kue bolu kukus yang mekar dan mengembang sempurna tidak sulit. Cobalah resep dan tips di bawah ini untuk membuktikannya.

Baca juga: 5 Aplikasi Resep Kue Android yang Paling Lengkap dan Mudah

Resep Kue Bolu Kukus


Bahan-bahan :

  • 500 gram tepung terigu
  • 400 gram gula pasir
  • 450 ml minuman bersoda tawar
  • 4 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdm pasta vanila
  • 3 sdt pasta cokelat
  • 2 sdt emulsifier
  • 20 cup kertas bolu

Cara membuat kue bolu kukus:

  1. Ayak tepung terigu yang sudah dicampur dengan baking powder.
  2. Masukkan gula pasir, telur, serta emulsifier ke dalam wadah. Kocoklah dengan mixer berkecepatan tinggi selama kurang lebih 10 menit sampai mengembang.
  3. Turunkan kecepatan mixer dan tambahkan tepung terigu beserta baking powder yang sudah diayak ke dalam wadah secara bergantian dengan minuman soda tawar sedikit demi sedikit.
  4. Lakukan seperti itu sambil terus dicampur dengan mixer.
  5. Ambillah 100 gram adonan kue dan masukkan pada wadah yang lain. Tambahkan pasta coklat.
  6. Tambahkan pasta vanila di adonan sisanya.
  7. Siapkan cetakan kue dan lapisi dengan kertas kue untuk bolu kukus.
  8. Tuangkan adonan vanila ke dalam cetakan, lalu tambahkan sedikit adonan coklat.
  9. Kukuslah adonan tersebut selama 20 menit sampai mengembang.
  10. Setelah matang dan mekar mengembang, angkat dan diamkan kue selama 5 menit. 

Setelah agak dingin, sajikan kue bolu kukus rasa vanila coklat ini di atas piring oval dengan hiasan potongan stroberi atau ceri agar tampak menarik. 

Baca juga: 6 Kue Artis Paling Populer di Surabaya

Membuat bolu kukus yang mekar dan mengembang dengan sempurna sebenarnya tidak memerlukan trik khusus. Kunci utama adalah pada komposisi air yang digunakan. Dalam pembuatan kue bolu kukus, air dicampurkan ke dalam adonan agar dapat bolu dapat mengembang serta memiliki tekstur yang empuk dan lembut.

Meski demikian masih ada yang gagal dalam membuatnya. Lakukan beberapa tips berikut agar kue bolu kukus buatan Anda benar-benar lembut dan mekar.

Cara membuat kue bolu kukus mengembang dan mekar (huangdenni.blogspot.com)
Cara membuat kue bolu kukus mengembang dan mekar (huangdenni.blogspot.com)


1. Perhatikan kualitas bahan

Pastikan bahan-bahan yang akan anda gunakan untuk membuat kue bolu kukus mempunyai kualitas yang baik. Perhatikan tanggal kedaluwarsa tepung kemasan, serta cek kondisi telur. Gunakan telur yang segar dan berada dalam suhu ruangan ketika Anda membuat adonan..

2. Peralatan

Siapkan semua peralatan yang diperlukan. Pastikan semua peralatan dalam keadaan bersih dan kering sebelum digunakan. Hindari menggunakan cetakan atau mixer yang masih ada sisa bahan lain yang menempel.

3. Air soda

Selain air soda, bahan cair lain pun dapat digunakan untuk membuat kue bolu kukus. Misalnya air biasa, susu cair, santan, dan air kelapa. Akan tetapi, untuk menghasilkan bolu yang mekar dan mengembang, disarankan menggunakan air soda. Dengan penggunaan air ini Anda tidak perlu menambahkan baking soda atau baking powder.

4. Kocokan gula dan telur

Untuk membuat adonan kue bolu kukus, memerlukan waktu pengocokan gula dan telur yang lebih lama dengan mixer berkecepatan tinggi. Cara ini dilakukan agar banyak udara yang masuk ke dalam adonan. Pastikan hasil kocokan telur dan gula berwarna putih bersih dan kental. 

5. Cetakan

Cetakan yang tepat untuk membuat bolu kukus mekar dan mengembang adalah cetakan khusus yang berlubang-lubang, terbuat dari bahan plastik atau aluminium. Pilihlah kertas cup yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tinggi agar adonan lebih mudah mengembang dan mekar. Rapikan kertas cup supaya pas dengan ukuran cetakan. Isikan dengan adonan secukupnya agar uap panas dapat naik sehingga adonan kue bolu matang dan merekah.

6. Kukusan

Bungkus tutup kukusan dengan kain supaya uap tidak mengembun dan jatuh kembali ke dalam adonan. Dengan cara ini adonan tidak rusak karena tetesan air dan dapat matang merata serta mengembang sempurna.

Baca juga: Kreasi Resep Kue Cubit, Pelangi dan Laba-laba

Itulah resep dan cara membuat kue bolu kukus yang mekar dan mengembang. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat untuk Anda, silakan klik like dan share. Terima kasih.


Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus yang Mekar Mengembang Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Kukus yang Mekar Mengembang Reviewed by Njajan on April 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.