Kopi Lucinta Luna Tidak Dapat Sertifikat Halal dari MUI

Kopi Lucinta Luna (metropolitan.id)

Njajan.com - Belakangan ini kopi Lucinta Luna viral di media sosial. Viralnya tidak hanya karena sosok artis kontroversial tersebut, tetapi juga karena pemberian nama kopi yang terlalu vulgar. Bagaimana tidak, nama kopi Lucinta Luna yang sedang heboh ini adalah KO&THOL singkatan dari kopi menthol dan dibaca 'ko-en-tol'.


Bagi orang dewasa, tentu sudah mengetahui bahwa nama kopi ini mirip sekali dengan bagian tubuh sensitif pria. Kemungkinan Lucinta Luna sengaja memplesetkan nama bisnis kopinya agar viral, heboh, dan trending di media sosial. Usahanya memang berhasil, dalam sekejap seluruh netizen langsung mencibir nama kopi tersebut.

Kopi KO&THOL Lucinta Luna (travelingyuk.com)
Kopi KO&THOL Lucinta Luna (travelingyuk.com)


Walau cibiran yang didapat Lucinta Luna, tetapi ada efek positifnya yakni bisnis kopi barunya langsung terkenal di Indonesia. Sayang, kepopuleran kopi KO&THOL bisa jadi tidak akan mendapat sertifikat halal dari MUI.

MUI Menolak Berikan Sertifikat Halal


Ya, akhirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut angkat bicara atas kontroversi seputar kopi Lucinta Luna. Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundangan MUI, Ikhsan Abdullah mengatakan, brand kopi yang diperkenalkan Lucinta Luna itu tidak akan diberi sertifikat halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) karena mengandung unsur negatif.

Baca juga: 13 Cara Memilih Nama Toko yang Bagus untuk Bisnis

"Jika dia (Lucinta Luna) mengajukan sertifikat halal ke MUI, tidak akan diberi karena mengandung usur negatif, dan berdampak kepada pembentukan nilai di masyarakat. Jadi sudah dipastikan produk nama tersebut di MUI pasti ditolak," ujar Ihksan seperti yang disampaikan Okezone.com (18/9/2019).

Alasan Kopi KO&THOL Ditolak MUI


Ternyata tidak hanya nama KO&THOL yang menjadikan penolakan tersebut, tetapi ada juga karena gambar yang memperlihatkan anggota tubuh. Menurut Ikhsan, permasalahan tidak hanya karena nama kopi, tapi juga gambar yang menunjukkan anggota tubuh.

Kata Ikhsan, seharusnya badan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tidak meloloskan dan menolak kopi milik pedangdut tersebut. "Jadi izin BPOM nya harus ditolak," katanya.

Baca juga: 8 Cara Memilih Lokasi Bisnis Cafe yang Strategis

Jawaban Lucinta Luna tentang Kopi Kontroversialnya


Saat ditanya tentang nama kopi KO&THOL, Lucinta Luna berdalih bahwa brand kopinya diambil dari komposisi produknya yang didominasi kopi dan menthol. Jadi, saat namanya disingkat, menghasilkan istilah KO&THOL.


Komentar masyarakat tentu beragam, tapi banyak yang berpendapat nama kopi itu terdengar aneh dan vulgar. Pemilihan nama kopi seperti ini dirasa kurang baik karena mengandung unsur negatif. Padahal, masih banyak pilihan nama kopi yang lebih baik untuk menunjukkan bahwa kopi tersebut ada mentholnya.

Baca juga: 6 Kafe Modern yang Menyediakan Minuman Tradisional Kekinian di Jakarta

Menurut pendapat Anda bagaimana? Apakah nama kopi seperti itu sudah baik? Sampaikan pendapat Anda melalui kolom komentar.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


Kopi Lucinta Luna Tidak Dapat Sertifikat Halal dari MUI Kopi Lucinta Luna Tidak Dapat Sertifikat Halal dari MUI Reviewed by Njajan on September 19, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.