Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur agar Kuat Puasa Seharian

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sahur (kompas.com)

Njajan.com - Bagi Anda yang ingin kuat puasa seharian tanpa bolong-bolong, sebaiknya perhatian jenis makanan saat sahur. Apa yang Anda makan saat sahur berpengaruh besar pada energi di dalam tubuh. Oleh karena itu, perhatikan pantangan makanan apa saja yang harus dihindari agar puasa full seharian.

Makan apa saja saat sahur bisa berpotensi membuah tubuh menjadi lemas. Walau porsinya banyak, tubuh tetap akan kekurangan energi. Sehingga pagi masih kuat, tapi setelah memasuki siang, kekuatan tubuh akan menurun dan akhirnya lemas.

Baca juga: 11 Tips Ampuh Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Mari mengenal makanan sahur apa saja yang bisa membuat tubuh menjadi lemas. Terkadang makanan tersebut sangat disukai masyarakat. Namun, mereka tidak tahu kalau makanan tadi bisa membuat tubuh menjadi letih, lesu, dan lemas.

1. Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan


Konsumsi makanan yang manis-manis saat puasa boleh-boleh saja. Namun, jangan makan makanan dari pemanis buatan. Contoh makanan tersebut seperti sereal. Makan sereal saat sahur memang praktis tapi dapat membuat Anda cepat lapar.

Alasannya sereal dapat mempengaruhi gula darah sehingga membuat tubuh menjadi cepat lapar. Ini karena tubuh hanya mengonsumsi rasa manis tanpa kalori sehingga tubuh mencari kalori yang menciptakan rasa lapar.

2. Makanan Berlemak dan Gorengan


Lemak sebenarnya sangat penting untuk menambah energi dalam tubuh. Namun, kalau konsumsi lemak terlalu tinggi, hal tersebut justru tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan lemak tinggi biasa didapati pada gorengan dan makanan bersantan.

Makanan seperti itu membuat kinerja lambung terasa berat. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi lemak bisa membuat perut terasa nyeri dan kembung.

Baca juga: 12 Menu Buka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

3. Makanan Pedas dan Asam


Penikmat pedas lebih suka makan makanan yang pedas baik untuk sahur atau berbuka. Namun, kalau Anda memiliki penyakit maag sebaiknya tidak makan pedas saat sahur. Selain itu, makanan pedas dan asam bisa memicu penyakit diare. 

Jika penyakit diare dibiarkan terus menerus, maka tubuh bisa kekurangan cairan sehingga tubuh jadi lemas. Makanan pedas dan asam juga bisa memicu asam lambung naik. Sehingga penyakit maag bisa kambuh dan ulu hati akan terasa nyeri.

4. Makanan Terlalu Asin


Kalau bisa makanan sahur sebaiknya tidak mengandung garam yang tinggi. Sebab, makanan terlalu asin bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. 

Ini dikarenakan garam merupakan mineral yang terdiri dari natrium dan klorida. Nah, sifat natrium sendiri mampu menarik cairan di dalam tubuh. Contoh makanan yang mengandung garam tinggi, seperti ikan asin, telur asin, makanan kemasan, atau makanan kalengan.

5. Buah dan Sayur dengan Kandungan Air Tinggi


Semua tahu buah dan sayur yang banyak kandungan airnya akan sangat menyegarkan. Namun, buah dan sayur dengan sifat diuretik seperti ini bisa membuat cairan di tubuh mudah keluar. 

Sehingga makanan tersebut berpotensi membuat tubuh kehilangan cairan lebih banyak di waktu pagi. Contoh buah dan sayur tersebut di antaranya mentimun, semangka, pir, selada air, seledri, dan wortel.

Baca juga: 10 Makanan Sehat saat Puasa agar Tidak Lemas

Kesimpulan


Demikian beberapa makanan yang tidak cocok dikonsumsi saat sahur. Kalau mau sahur lebih baik hindari makanan-makanan tadi. Sebab, bukannya Anda tambah kuat puasa seharian, tapi Anda bisa lemas mulai dari pagi.

Makan sahur seperlunya saja, jangan berlebihan. Tubuh tidak terbiasa mengolah makanan dalam jumlah banyak di waktu dini hari. Takutnya, hal tersebut bisa membahayakan tubuh jika dilakukan selama 30 hari tanpa henti.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.


Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur agar Kuat Puasa Seharian Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur agar Kuat Puasa Seharian Reviewed by Njajan on May 01, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.