11 Tips Ampuh Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Mencegah Dehidrasi saat Puasa (rimma.co)

Njajan.com - Selama kurang lebih 12 jam berpuasa sambil melakukan aktivitas di luar ruangan berpotensi membuat Anda dehidrasi. Sekalipun dehidrasi ketika puasa tergolong ringan dan tidak berbahaya, tetapi efeknya bisa membuat aktivitas terhambat. Gejala seperti pusing, mual, dan lemas tentu membuat Anda tidak nyaman. Untuk mencegah dehidrasi saat puasa, ada beberapa tips yang dapat dilakukan.

Baca juga: Ke Mana Mencari Buffet Ramadhan di Jakarta?

Tips Menghindari Dehidrasi saat Puasa


1. Minum air sesuai kebutuhan

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda tergantung kondisi fisik dan aktivitas yang dilakukan. Tetapi rata-rata orang dewasa memerlukan minimal 8 gelas air sehari atau setara 2 liter air. Anda bisa mengatur konsumsi air agar kebutuhan cairan tercukupi. Minum 2 gelas air saat sahur, 4 gelas ketika berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur.

2. Jangan mengonsumsi makanan asin terlalu banyak saat sahur

Perhatikan menu sahur Anda untuk menghindari kekurangan cairan. Terlalu banyak garam dapat mengganggu sistem pengaturan cairan di dalam tubuh, sehingga Anda cepat haus.

3. Perbanyak minum ketika sahur

Makanan berprotein tinggi juga dapat membuat Anda cepat kehausan. Untuk mengatasinya, seimbangkan menu sahur dengan minum air yang cukup jika Anda banyak menyantap makanan berprotein.

4. Perhatikan obat-obatan yang dikonsumsi

Terdapat beberapa jenis obat yang bisa membuat Anda sering buang air kecil sehingga banyak cairan yang keluar dari tubuh. Jika Anda mengonsumsi obat atau suplemen kesehatan, pastikan efeknya tidak membuat Anda dehidrasi karena kerap buang air kecil. Konsultasikan masalah ini dengan dokter Anda untuk mendapatkan solusi terbaik.

5. Konsumsi buah dan sayuran

Cairan tubuh tak hanya dipasok dari air minum. Tetapi juga dari asupan makanan sebanyak 20%. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air seperti sayur dan buah-buahan. Buah dengan kandungan air tinggi seperti pear, jeruk, dan jambu air dapat membuat Anda kenyang sekaligus kebutuhan cairan terpenuhi.

6. Utamakan konsumsi air putih

Hindari minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi, terutama ketika sahur. Minuman ini bisa menyebabkan Anda cepat haus. Sebaiknya minum air putih sebagai sumber cairan.

Baca juga: 5 Tips Belanja Hemat di Bulan Ramadan Agar Tidak Boros

Selain melakukan 6 tips di atas, Anda dapat mengonsumsi bahan-bahan alami untuk mencegah dehidrasi saat puasa seperti:

Bahan-bahan Alami untuk Mencegah Dehidrasi saat Puasa


1. Blewah

Blewah biasa dikonsumsi sebagai makanan berbuka puasa dalam bentuk minuman es buah. Tak hanya menyegarkan, blewah yang mengandung 89% air juga dapat mendorong tubuh memproduksi energi.  Blewah juga dapat menstabilkan kadar gula darah, sehingga sesuai untuk penderita diabetes.

2. Nanas

Nanas mengandung banyak air. Selain itu juga kaya akan bromelain yang berfungsi mencegah penggumpalan darah, anti-inflasi untuk mengurangi peradangan, dan asam amino yang dapat meningkatkan kekebalan. Buah segar ini bisa disantap begitu saja atau dijadikan campuran sop buah untuk berbuka.

3. Mangga

Buah mangga mengandung kalori cukup tinggi. Selain itu juga mengandung mineral dan vitamin yang dapat membantu mencegah dehidrasi. Mangga dapat dinikmati sebagai selingan ketika berbuka atau sahur. 

4. Air kelapa

Air kelapa memiliki kandungan air mencapai 95 % sehingga sesuai untuk memenuhi kebutuhan cairan. Tak hanya itu, air kelapa muda juga mempunyai kandungan elektrolit yang dapat mengatasi dehidrasi. Mengkonsumsi air kelapa saat berbuka puasa sangat tepat agar stamina tubuh tetap terjaga.

5. Anggur

Anggur mengandung banyak air sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi saat puasa. Selain itu, anggur juga mengandung zat resveratrol sebagai antioksidan yang dapat mendukung kinerja hati.

Baca juga: 12 Menu Buka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

Itulah tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dehidrasi saat puasa. Jika artikel Njajan.com ini bermanfaat, silakan klik like dan share. Terima kasih.


11 Tips Ampuh Mencegah Dehidrasi Saat Puasa 11 Tips Ampuh Mencegah Dehidrasi Saat Puasa Reviewed by Njajan on May 26, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.