9 Cara Makan Buah Plum Merah

Cara Makan Buah Plum Merah


Njajan.com - Mungkin banyak yang penasaran, cara makan buah plum merah. Sebelumnya akan kami perkenalkan dulu apa sih buah plum merah itu. 

Buah plum merah adalah salah satu jenis buah plum yang memiliki warna merah gelap atau keungu-unguan. Buah plum merah memiliki ukuran yang hampir mirip dengan buah apel dan rasa yang manis dan lezat. 

Buah plum merah berasal dari Eropa dan memiliki lebih dari 2000 varietas yang berbeda.

Buah plum merah mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa kandungan nutrisi dalam 100 gram buah plum merah:

  • Kalori: 46 kcal
  • Karbohidrat: 11,4 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Protein: 0,7 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Vitamin A: 17 mcg
  • Vitamin C: 9,5 mg
  • Vitamin K: 6,4 mcg
  • Vitamin E: 0,3 mg
  • Folat: 5 mcg
  • Kalsium: 6 mg
  • Zat besi: 0,2 mg
  • Magnesium: 7 mg
  • Fosfor: 16 mg
  • Kalium: 157 mg

Buah plum merah juga mengandung flavonoid dan senyawa fenolik seperti antosianin, asam klorogenat, kuersetin dan katekin yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan.


Manfaat Buah Plum Merah


Berikut beberapa manfaat buah plum merah untuk kesehatan:

1. Membantu melancarkan sistem pencernaan


Buah plum merah mengandung serat yang dapat membantu makanan bergerak secara efektif dalam usus besar dan mencegah sembelit. Buah plum merah juga mengandung sorbitol dan isatin yang dapat merangsang gerakan usus.

2. Menjaga kesehatan jantung


Buah plum merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Buah plum merah juga dapat membantu mencegah penggumpalan darah dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

3. Menurunkan risiko diabetes


Buah plum merah memiliki indeks glikemik yang rendah yang artinya tidak menyebabkan lonjakan gula darah setelah dikonsumsi. Buah plum merah juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah resistensi insulin yang merupakan penyebab utama diabetes.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Buah plum merah mengandung vitamin C yang dapat membantu melawan infeksi dan radang pada tubuh. Vitamin C juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan memperkuat jaringan ikat.

5. Menjaga tulang tetap kuat dan padat


Buah plum merah mengandung vitamin K dan kalium yang dapat membantu pembentukan tulang dan mencegah pengroposan tulang atau osteoporosis. Buah plum merah juga mengandung polifenol yang dapat mendorong aktivitas osteoblas atau sel-sel pembentuk tulang.

6. Sumber antioksidan yang baik


Buah plum merah mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan penuaan dini, kerusakan DNA, dan berbagai penyakit kronis seperti kanker, Alzheimer, Parkinson, dan lainnya.

Cara Makan Buah Plum Merah


Ada beberapa cara makan buah plum merah yang sehat dan nikmat.

1. Dimakan langsung


Ini adalah cara yang paling mudah dan praktis. Cukup cuci buah plum merah sampai bersih, lalu makan dengan atau tanpa mengupas kulitnya. Kulit plum merah mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan.

2. Dibuat jus dan smoothies


Anda bisa membuat minuman segar dari buah plum merah dengan menambahkan es batu, gula, madu, atau susu. Jus plum merah bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan.

3. Tambahan pada salad


Anda bisa mencampurkan potongan buah plum merah dengan buah-buah lain seperti stroberi, anggur, jeruk, atau sayuran seperti bayam dan selada. Tambahkan madu atau yogurt untuk memberi rasa manis dan segar.

4. Dilumuri saus cokelat


Jika Anda ingin menikmati buah plum merah dengan cara yang lebih variatif dan menggugah selera, Anda bisa menyiram potongan buah plum merah dengan saus cokelat. Saus cokelat bisa mengurangi rasa asam pada buah plum merah dan meningkatkan mood Anda dengan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin pada tubuh.

5. Dibuat pasta


Anda bisa membuat pasta dari buah plum merah dengan mencampurkannya dengan gandum, kefir, biji rami, dan air mendidih. Aduk sampai menjadi pasta, lalu simpan di kulkas selama kurang lebih 60 menit. Sajikan selagi dingin.

6. Dibuat kebab


Anda bisa membuat kebab dari buah plum merah dengan mencampurkannya dengan irisan ayam tanpa tulang, paprika, bawang bombay, dan kulit kebab. Panggang di oven sampai ayam matang.

7. Dibuat kue


Anda bisa menambahkan buah plum merah dalam kue panggang atau kue tart untuk memberi rasa dan tampilan yang lebih menarik. Buah plum merah bisa dikombinasikan dengan kacang almond atau bahan lain sesuai selera Anda.

8. Dibuat saus


Anda bisa membuat saus dari buah plum merah dengan menghaluskan buah plum merah dicampur dengan sedikit kayu manis dan rempah-rempah lain seperti kunyit, pala, dan jahe. Saus ini bisa digunakan untuk menyiram bebek panggang atau jenis daging lainnya.

9. Dipanggang


Anda bisa memanggang buah plum merah di oven atau pemanggang sampai empuk dan berair. Anda bisa menambahkan gula pasir atau gula merah untuk memberi rasa manis.

Kesimpulan


Demikian cara makan buah plum merah. Kami tambahkan cara memilih buah plum yang bagus ya. Buah plum yang bagus memiliki warna kulit yang cerah dan sesuai dengan varietasnya. 

Ada buah plum yang berwarna ungu gelap, merah, kuning, atau hijau. Hindari buah plum yang berwarna kusam, pudar, atau berubah warna.

Kemudian permukaan kulitnya yang halus dan bersih. Hindari buah plum yang memiliki lubang, goresan, lecet, atau bercak hitam yang menandakan adanya kerusakan atau serangan hama.

Selain itu, aromanya harum dan manis. Ini menandakan bahwa buah plum sudah matang dan siap dikonsumsi. Hindari buah plum yang tidak beraroma atau berbau busuk.

Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @njajancom. Terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama