Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan


Njajan.com - Kopi tidak hanya harum dan enak, tetapi juga baik untuk kesehatan Anda. Minum kopi secara teratur telah terbukti mencegah kanker, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan otak. 

 

Cairan berwarna hitam ini menjadi kabar gembira bagi pecinta kopi karena  bisa menjadi minuman yang sehat dan enak. Secangkir kopi setiap hari dapat membuat Anda tetap sehat. Ada banyak manfaat untuk menikmati kopi dalam jumlah yang baik secara teratur. 


Liputan Nyata Sederhana (10/11) Minum kopi tidak hanya  meningkatkan konsentrasi, tetapi juga membantu mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, dan menjaga kesehatan otak. 


"Konsumsi kopi  dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan fungsi kognitif, perlindungan dari penyakit degeneratif, peningkatan kesehatan jantung, dan pengurangan risiko diabetes tipe 2," kata penduduk kantor New York City Alyssa Ramsey, MS, RD. seorang ahli gizi. 

Baca juga:

10 Kopi Artis Indonesia, Kopi Lucinta Luna Paling Kontroversial

Kedai Kopi Pertama di Dunia Sejak Tahun 1554

Modal Minim untuk Bisnis Kopi dengan Rinciannya



Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan 


1. Kopi Kaya Nutrisi 


Secangkir kopi kaya akan nutrisi, termasuk sumber vitamin dan mineral. 


Kopi juga merupakan sumber antioksidan alami. Secangkir kopi mengandung riboflavin, asam pantotenat,  magnesium, serta senyawa bioaktif yang membantu mencegah berbagai penyakit. 


“Chlorogenic acid adalah kelompok antioksidan polifenol  kopi yang telah terbukti  mengurangi peradangan,” kata ahli gizi North Carolina Claire Carlton MS, RD, LD/N. 


Laporan Data Komposisi Makanan di Website Indonesia (10/11)  100 gram kopi mengandung 129 kalori. 12,3 gram protein; 0,5 gram lemak; 35 gram karbohidrat; 179 mg kalsium; 72 mg natrium, 0,21 mg riboflavin dan kafein. 


2. Pencegahan Penyakit Jantung, Diabetes, dan Kanker 


Menurut penelitian, konsumsi kopi secara teratur  mencegah berbagai penyakit. Satu studi menemukan bahwa minum tiga sampai lima cangkir kopi sehari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.  


Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan  bahwa minum lebih dari satu cangkir kopi sehari mengurangi risiko stroke pada wanita sebesar 25%. 


Kopi juga mengandung senyawa yang membantu tubuh mengubah glukosa menjadi energi dalam tubuh. Oleh karena itu, minum kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. 


Selain itu, beberapa penelitian  menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat  mencegah beberapa jenis kanker. 


Konsumsi kopi secara teratur telah terbukti mencegah kanker usus besar, prostat, endometrium dan hati. 


3. Kopi Meningkatkan Kesehatan Otak 


Kandungan kafein dalam kopi membantu orang lebih fokus. “Kopi adalah stimulan alami yang mengaktifkan sistem saraf pusat kita, memberi energi, dan pada saat yang sama meningkatkan konsentrasi, konsentrasi, dan daya tanggap kita,” kata Ramsey. 


Kopi  juga membantu menjaga kesehatan otak. Menurut sebuah penelitian, minum 3-5 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer di usia tua. Dengan demikian, konsumsi kopi secara teratur dapat menghindari risiko pikun di hari tua. 


Selain efek jangka panjang,  kopi juga terbukti memiliki efek positif langsung. Kopi memberikan "tendangan" energi langsung dan bisa menghilangkan kantuk di pagi hari. 


4. Meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan 


Kopi membantu meningkatkan metabolisme Anda. Secara tidak langsung, kopi dapat melangsingkan tubuh Anda. Tak heran jika banyak pelaku diet yang secara sadar mengonsumsi kopi karena efek menguntungkan dari pengurangan lemak dalam tubuh. 


“Kopi tidak hanya membantu membakar lemak dalam tubuh, tetapi juga diuretik yang memperlancar pencernaan,” kata Megan Roosevelt, ahli gizi di HealthyGroceryGirl.com. Studi menunjukkan bahwa secangkir kopi dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. 


5. Jumlah Kopi yang Diminum 


Kopi memiliki banyak manfaat, namun perlu  juga diingat bahwa kopi dapat mempengaruhi kesehatan perut orang-orang dengan perut sensitif. 


Kopi memiliki efek yang berbeda pada setiap orang. Misalnya, insomnia dan  mulas. Jadi sesuaikan potongan kopi  dengan kondisi fisik Anda. 


Banyak ahli gizi merekomendasikan konsumsi kopi maksimal 3-5 cangkir per hari. Namun, bagi orang yang sensitif, minum 1-2 cangkir kopi sehari sudah cukup. 


Juga, nikmati kopi hitam asli tanpa tambahan gula atau bahan lainnya sehingga Anda bisa merasakan manfaat kesehatannya dengan lebih efektif.


Kesimpulan


Demikian beberapa manfaat minum kopi untuk kesehatan. Jadi kalau mengonsumsi kopi sesuai dengan aturan, maka kopi tidak akan membuat sakit lambung. 


Justru kopi bisa membuat orang jadi sehat dan tidak terkena penyakit berbahaya. Namun, sekali cara minumnya harus disesuaikan agar tubuh tetap sehat.


Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Post a Comment