Makan Siang Untuk Diet


Njajan.com - Siapa yang sering melewatkan makan siang dan digantikan makan malam? Jika demikian, Anda perlu menambahkan makan siang  ke dalam rencana diet ketat Anda. 


Istirahat makan siang memiliki dampak paling kecil terhadap penurunan berat badan. Padahal, yang terpenting saat makan siang adalah  asupan kalori, nutrisi, protein, dan sebagainya. Makan siang adalah bagian terbesar dari makanan dalam diet. 


Makan siang dapat meningkatkan kinerja tubuh Anda setelah seharian  mencerna makanan, membakar kalori dan mengatur hormon. 


Direkomendasikan untuk makan siang 4-5 jam setelah sarapan atau sekitar pukul 11-12 (dapat disesuaikan). Menu makan siang yang baik untuk nutrisi antara lain dada ayam, protein tanpa lemak atau rendah lemak dari ikan atau daging tanpa lemak, karbohidrat kompleks seperti  nasi, roti dan gandum, serat dari sayur dan buah, dan baik mengandung lemak. 

Baca juga:

10 Makanan Diet Murah Meriah agar Tubuh Sehat, Bugar, dan Langsing

8 Makan Malam untuk Diet Bikin Tidur Nyenyak dan Tidak Gemuk

Kombinasi Makanan Untuk Diet yang Sehat dan Bernutrisi



Ingatlah untuk memenuhi kebutuhan kalori harian Anda 


Selain memperhatikan nilai gizi, makanan yang harus dimasukkan dalam rencana diet sehat  disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian yang Anda butuhkan. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Namun, rata-rata orang dewasa membutuhkan 2000 kalori sehari. 


Bicaralah dengan ahli gizi untuk mengetahui berapa banyak kalori yang Anda miliki sesuai dengan kondisi fisik Anda, seperti usia, jenis kelamin, aktivitas fisik harian, metabolisme, tinggi dan berat badan, dan kondisi kesehatan tertentu. 


Makan makanan yang sehat sangat penting, terutama bagi mereka yang mencoba menurunkan atau mempertahankan berat badan. 


Kalori dapat memberikan energi bagi tubuh. Namun, jika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh Anda, mereka dapat  menumpuk di tubuh Anda dan disimpan sebagai lemak. 


Contoh menu makanan sehat gizi 2000 kalori 


Ini adalah menu makanan kesehatan gizi 2000 kalori yang dapat digunakan untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Memang menu diet yang sehat, tapi Anda bisa memanjakan lidah dengan berbagai makanan seperti ini. 

 

Sarapan 


Anda dapat mengisi perut Anda dengan  semangkuk sereal  kismis dan susu tanpa lemak. Anda kemudian bisa makan pisang kecil dan irisan roti gandum dengan margarin dan selai. 


Pilihan sarapan sehat lainnya adalah mencampur oatmeal dengan kismis dan memasaknya dengan margarin. Sebagai minuman, Anda bisa minum jus jeruk (250 ml) dan susu rendah lemak (120 ml). 


Makan Siang 

 

Anda bisa membuat sandwich dengan roti gandum utuh, ayam, selada, tumis jamur, dan saus mustard. Makan siang diakhiri dengan 200 gram kentang rebus. 


Makan malam 


Tahu cap cai sayur dan merica, semangkuk nasi merah, secangkir teh lemon beku sekitar 250 ml. 


Variasi makan malam lainnya yang bisa Anda coba adalah salmon panggang seberat 140 gram yang ditaburi daun seledri, bawang, dan remah roti.


Sajikan dengan nasi, 125 gram brokoli kukus dan  almond. Akhiri makan malam Anda dengan susu rendah lemak (250 ml). 


Camilan 


Contoh dari snack harian adalah 250 gram yogurt rendah lemak yang dicampur dengan buah-buahan.


Kesimpulan


Demikian menu makan siang untuk diet yang sehat. Dalam diet di siang hari, yang terpenting adalah memenuhi kebutuhan kalori.


Makan apa saja yang penting kalori terpenuhi. Itu lebih baik daripada Anda melewatkan waktu makan siang dan diganti makan malam.


Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Post a Comment