Makan Malam Untuk Diet Agar Tidak Gemuk (osu.edu)


Njajan.com - Katanya makan malam tidak boleh selama diet. Padahal makan malam tetap dianjurkan untuk diet dan mengisi perut. Namun, Anda perlu pintar dalam memilih bahan dan menu makan malam untuk diet.


Menu makanan malam yang sehat bukan hanya bermanfaat untuk kebutuhan gizi, tetapi juga membuat Anda kenyang sehingga bisa tidur dengan nyenyak.


Nah, menu makam malam apa saja yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan?


Makan Malam untuk Diet


1. Telur yang Direbus


Telur rebus salah satu makanan terbaik untuk diet. Alasannya karena telur mengandung protein dan lemak sehat. Bahan makanan ini juga membuat perut kenyang sehingga Anda tidak perlu khawatir bakal lapar di malam hari.


Bagian telur yang sehat salah satunya kuning telur. Sebab kuning telur mengandung hampir semua jenis zat gizi. 


Kandungan gizi dalam telur bisa membantu memenuhi kebutuhan harian seseorang yang sedang diet rendah kalori.


2. Sayur Ditumis


Makanan malam untuk diet sebaiknya dilengkapi dengan sayuran yang ditumis. Sayuran tersebut di antaranya, cruciferous seperti kol, brokoli, dan kembang kol. Sayur hijau tersebut termasuk jenis sayuran yang padat akan serat.


Sayuran ini termasuk sayuran tinggi protein meski tidak sebanyak produk hewani. Oh iya, serat dan protein dalam sayur akan menjaga perut Anda selalu kenyang. Kalorinya yang rendah bisa bantu Anda menurunkan berat badan.

Baca juga: 10 Makanan Diet Murah Meriah agar Tubuh Sehat, Bugar, dan Langsing


3. Daging Panggang


Tahukah Anda, daging sapi dan ayam bukan menu anti diet. Justru sebaliknya, daging panggang tanpa lemak membantu menurunkan berat badan karena kandungan protein tinggi. 


Protein adalah zat gizi yang paling mengenyangkan dan bisa membakar lebih banyak kalori.


Dalam penelitian di jurnal Obesity menunjukkan bahwa tambahan protein dapat mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk makan di malam hari. Di samping itu, asupan protein dapat menurunkan berat badan hingga 0,45 kg per minggu.


4. Sup Bening Segar


Sup merupakan makanan rendah kalori, tetapi kaya akan kandungan air dan zat gizi. Hal ini merupakan kombinasi tepat dari menu makan malam untuk diet. 


Sebab, Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi dan cepat kenyang meski tidak memperoleh kalori berlebih.


Anda bisa memilih jenis protein dan sayuran dalam sup, tetapi ada baiknya pilih sup kuah bening berbahan kaldu. 


Kalau bisa Anda menghindari sup yang terlalu banyak mengandung lemak, contohnya sup krim atau sup bersantan.

Makan Malam Untuk Diet (safetyandhealthmagazine.com)
Makan Malam Untuk Diet (safetyandhealthmagazine.com)



5. Alpukat Tanpa Gula


Perlu Anda ketahui, alpukat mengandung lemak yang banyak, tetapi tak perlu khawatir. Lemak di buah alpukat asam lemaknya tak jenuh, sehingga bermanfaat bagi tubuh. Beberapa studi membuktikan lemak ini bisa membantu menurunkan berat badan.


Selain itu, asam lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik. Tidak hanya itu, serat dan air pada alpukat juga membuat buah ini rendah kalori sehingga tak membuat orang memakannya jadi gemuk.


6. Ikan Salmon dan Tuna


Selanjutnya lagi-lagi datang dari makanan berlemak. Walau dikenal sebagai ikan berlemak, salmon dan tuna tak akan membuat badan gemuk. Ikan-ikan ini kaya akan protein yang dapat menjadikan Anda kenyang lebih lama.


Ikan ini mengandung yodium yakni mineral penting yang dibutuhkan dalam fungsi kelenjar tiroid. Kekurangan yodium dapat mengganggu fungsi tiroid dalam mengatur metabolisme. Salah satu akibatnya adalah Anda akan merasa lapar dan haus yang susah dikendalikan.

Baca juga: 25 Manfaat Buah Plum Untuk Tubuh dan Resep Diet Sehat


7. Kentang Dikukus


Makanan malam bisa diganti dengan kentang kukus. Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi selama diet.


Kentang yang dikukus coba biarkan sampai agak dingin. Ini bakal memicu pembentukan serat yang disebut pati tahan cerna. Serat ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan mempercepat penurunan berat badan.


8. Kacang dan Biji-bijian


Untuk diet, makan malam dapat diganti dengan kacang dan biji-bijian. Sebab kacang-kacangan merupakan sumber serat dan protein nabati yang baik bagi tubuh.


Namun, perlu diingat bahwa kacang tanah dan almon mengandung kalori yang cukup besar. Kalau mau diet, sebaiknya pilih kacang dari keluarga legum, contohnya kacang polong, kacang merah, dan kacang hijau.

Baca juga: Kombinasi Makanan Untuk Diet yang Sehat dan Bernutrisi


Kesimpulan


Demikian menu makan malam untuk diet agar tidak gemuk dan bisa tidur nyenyak. Kebanyakan orang memilih tidak makan malam karena dinilai tidak baik untuk kesehatan.


Padahal, kalau menu yang kita makan tepat, maka makan malam tidak akan bikin gemuk. Justru Anda bisa tidur nyenyak karena perut kenyang.


Jika artikel Njajan.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Post a Comment